Menu

Tahun 2017 ; Sidang Keliling di Pengadilan Agama Magetan Banyak Mengalami Peningkatan

Pelaksanaan sidang keliling di Pengadilan Agama Magetan untuk tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Agar lebih maksimal animo masyarakat terhadap pelaksanaan siding keliling ini, maka Pengadilan Agama Magetan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan dan Kementerian Agama Kabupaten Magetan. Diharapkan dengan menggandeng dua instansi tersebut pelaksanaan sidang keliling kali ini lebih maksimal.
Seiring dengan diterimanya anggaran DIPA 04 Pengadilan Agama Magetan Tahun 2017, program bantuan hukum Sidang Keliling mulai direncanakan pelaksanaan kegiatannya. Dengan berpedoman pada SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum jo PERMA Nomor 01 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak mampu di Pengadilan dan Surat Keputusan TUADA MA. RI. Nomor 01/SK/TUADA-AG/1/2013 tentang Pedoman Sidang Keliling di Lingkungan Peradilan Agama.


Berdasarkan hasil rapat dengan pejabat terkait, kegiatan ini direncanakan sebanyak 3 kegiatan. Lebih lanjut dijelaskan oleh Ketua Pengadilan Agama Magetan Drs. H. Achmad Nurul Huda, MH. tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan kemudahan akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan, terutama bagi masyarakat yang dari segi geografis jauh dari kantor Pengadilan Agama Magetan dan juga diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.


sidkel lby2


Pelaksanaan Sidang Keliling tahun ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Magetan nomor W13-A26/726/HK.05/III/2017 tanggal 21 Maret 2017 ditetapkan di Kantor Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, yang meliputi 3 (tiga) wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Lembeyan, Kecamatan Kawedanan dan Kecamatan Parang. Adapun pelaksanaannya direncanakan dalam beberapa tahap kegiatan, yaitu mulai dari tahap pendaftaran perkara, persiapan persidangan hingga pelaksanaan persidangan. Yang dimulai sejak tanggal 29 Maret 2017 sampai dengan tanggal 26 April 2017.

sidkel lby3


Adapun volume perkara yang disidangkan seluruhnya berjumlah 19 perkara dengan perincian, Perkara Perubahan Biodata 7 perkara, Isbat Nikah 9 perkara, Carai Gugat 1 perkara, Cerai Talak 1 perkara dan perkara gono gini sebanyak 1 perkara. Jika dibandingkan dengan pelaksanaan sidang keliling tahun lalu yang “hanya” menyerap sebanyak 9 perkara. Sidang keliling tahun ini banyak mengalami peningkatan. Sebetulnya masih banyak perkara yang bisa dimasukkan melalui sidang keliling, akan tetapi kebanyakan masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan kecamatan merasa keberatan karena malu diketahui oleh masyarakat Mudah-mudahan pelaksanaan sidang keliling tahun depan masih tetap dianggarkan dalam DIPA mengingat animo masyarakat semakin besar.


Hal itu dapat diketahui berdasarkan informasi yang diterima tim reporter : kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat pencari keadilan, beberapa orang yang diwawancarai reporter kami, mengatakan sangat senang dan terasa bermanfaat sidang keliling seperti ini. Karena mulai dari pendaftaran hingga persidangan tidak jauh-jauh ke Kota Magetan, kalau bisa kegiatan semacam ini sesering mungkin diadakan untuk membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu. (admin)

Last modified on Kamis, 27 April 2017 07:55

Go to top